STORY:SUZUKI HAYABUSA,LEGENDA “JET” DARAT RODA DUA DUNIA

Posted: 13 Juni 2012 in my blog and my life

Siang-siang gini ngapaen lagi enaknya selain posting artikel-artikel ga jelas :).Kali ini saya akan membahas legenda roda dua,apa lagi kalo bukan suzuki hayabusa(GSX1300r).Dalam dunia otomotif dunia,nama hayabusa sudah menjadi mindset para biker dunia jika bicara tentang kecepatan.Tidak bisa dipungkiri ,jika bicara soal peforma hayabusa adalah salah satu jawabannya.Dengan dipersenjatai mesin four inline(4 silinder segaris),1300cc DOHC 16 klep,suzuki hayabusa mampu memuntahkan tenaga sebesar 175hp di  putaran 9500rpm,dengan top speed 196 mph atau setara dengan 312 kph.Nama hayabusa di ambil dari nama burung,dalam bahasa inggris artinya adalah peregrine falcon,burung tercepat didunia yang dapat mencaapai kecepatan 202 mph(325 kph,kalo ga salah 🙂 ) ,selain itu nama hayabusa dipilih karena peregrine falcon adalah pemangsa burung blackbird.Tidak lain adalah nama dari mantan king of motorcycle dunia sebelumnya,yaitu honda cbr 1100 super blackbird.dari namanya sudah jelas tujuan dibangunnya motor ini bertujuan untuk menggeser posisi si blackbird dari tahtanya.mantap!!😀

“ngarep punya satu yg kaya ginis

 

Suzuki hayabusa pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh suzuki,dan mendapat predikat sebagi motor tercepat didunia dan tercatat dalam guiness book of record menggeser honda super blackbird,pada tahun 2000 suzuki hayabusa mengalami penurunan top speed menjadi 299kph(186 mph) karena terbentur aturan uni eropa yg membatasi kecepatan motor produksi masal karena kekhawatiran akan keselamatan pengendara.selain kecepatan suzuki hayabusa juga dinilai memiliki handling,kenyamanan yang baik di banding hyperbike yg lain.

Seperti dikutip dari Motorcyclenews, senin (4/1/2010), Yoshiura menceritakan bagaimana proses pengembangan mesin Hayabusa sejak 1999 agar tercipta motor yang mampu digeber hingga 320 km/jam.

“Misinya saat itu menciptakan style baru yang benar-benar berbeda dan tidak kadaluwarsa dalam beberapa tahun kedepan, dan wajah inilah yang akan menjadi ciri khas Suzuki,” ungkap Yoshiura.

Ia menuturkan, pada awalnya Hayabusa bukan diciptakan 1.300 cc, tetapi 900 cc – 1.100 cc, yang saat kemunculannya merupakan pasar terbesar dari motor sport.

“Dengan menggabungkan antara kecepatan, keselamatan, kekuatan, handling yang baik, dan gaya yang unik, ini menjadi motor tercepat yang pernah di produksi,” katanya

Dirinya juga mengaku, saat itu yang ada dalam pikirannya hanya bagaimana menciptakan desain yang agak aneh supaya dapat memberikan efek yang sangat kuat dalam pikiran setiap orang.

“Orang mungkin berpikir ini desain yang aneh, tapi kemudian akan tertarik karena desainnya aneh, lantas setelah itu desain tersebut malah melekat dalam pikiran mereka,” katanya.

SUMBER:LUPA 😀

Komentar
  1. RIDER berkata:

    Mantap bro ulasannya.

  2. saputra berkata:

    no coment lhah ttng mtor yg atu nie,,,
    mtor yg bkan kelas orng indonesia…bgt mz broe 🙂

Tinggalkan komentar